Selasa, 31 Juli 2012

Steam Blow

Steam blow wajib dilakukan sebelum pengoperasian unit pembangkit listrik tenaga uap. Steam blow adalah proses pembersihan pemipaan pada siklus uap dengan menggunakan energi kinetik dari uap yang dihasilkan pemompaan boiler feed pump (BFP) dan pembakaran di bolier. Tujuan dari proses steam blow adalah membersihkan semua partikel sisa seperti pasir, batu, partikel besi dan metal lain, slag pengelasan, dan juga scaling pada permukaan dalam pipa yang tertinggal di superheater dan pipa uap lainnya selama pembuatan pembangkit.

Steam Blow yang dilakukan dibagi menjadi tiga tahap yaitu :

  • 1. Tahap pertama main steam system Steam Blow

Jalur uap melalui : drum → superheater → main steam pipe → boiler main steam valve → main steam pipe → temporary blow steam control valve → temporary exhaust steam pipe.

  • 2. Tahap kedua desuperheater water piping system steam blow (temporary pipe disambung setelah desuperheater water pipe motor driven valve)

Jalur uap melalui : drum → superheater → desuperheater pipe → temporary pipe

  • 3. Tahap ketiga pipa turbine bypass system

Jalur uap : drum → main steam pipe → main steam bypass pipe → temporary exhaust steam pipe.

Tekanan pada Steam drum ketika steam blow (dalam MPa)

Nama Sistem dari steam blow

Trial blow steam

Normal steam blow

Reference plate blow

Constant pressure blow

Main steam system

1.0

2.0

5.0

5.5-6.5

5.5

3.0

Desuperheating water piping system

3.0

4.0

Turbine bypass system

3.0

3.0

Temperatur selama steam blow adalah 4000 C sampai 4500 C, sedangkan untuk trial steam blow di atas 3500 C. Laju kenaikan temperatur harus diperhatikan, ketika tekanan steam drum kurang dari 0.98 MPa, maka laju kenaikan temperatur saturasi tidak boleh lebih dari 280 C/ jam. Jika tekanan lebih besar dari 0.98 MPa, maka kenaikan temperatur tidak boleh lebih dari 560 C/ jam. Selama pembakaran kenaikan tekanan pada steam drum tidak boleh lebih dari 0.02 MPa per menit ketika tekanan antara 0 sampai 2 MPa. Sedangkan ketika tekanan antara 2 sampai 6 MPa kenaikan tekanan tidak boleh lebih dari 0.04 MPa per menit.


0 komentar:

Posting Komentar